Air Minum Dalam Kemasan

Mengenal Lebih Jauh Pabrik Air Minum Dalam Kemasan

Air merupakan salah satu sumber kehidupan yang sangat penting bagi tubuh manusia, agar seluruh organ dan sistem di dalam tubuh berfungsi dengan baik. Bila asupan air kurang, tubuh dapat mengalami dehidrasi yang bisa menimbulkan sejumlah gangguan kesehatan.

Orang dewasa membutuhkan air minum sekitar 2 liter per hari untuk tetap sehat dan bugar. Air minum dalam kemasan atau sering juga disebut air mineral kerap menjadi pilihan beberapa orang sebagai sumber utama konsumsi air minum sehari-hari.

Dan memang dianjurkan untuk mengonsumsi air mineral setidaknya 8 gelas atau sekitar 2 liter setiap hari. Berbeda lagi jika memiliki aktivitas yang menguras bayak keringat, maka anda perlu asupan air mineral lebih agar tubuh anda tidak dehidrasi.

Berbicara mengenai air minum dalam bentuk kemasan, di Indonesia sendiri BPOM telah membagi AMDK ke dalam empat jenis, yaitu air mineral, air demineral, air beroksigen, dan air alkali yang tentunya memiliki perbedaan satu dengan lainnya.

Perbedaan dari jenis – jenis air :

  1. Air mineral adalah air yang bersumber dari mata air dari alam yang mengandung mineral alami. air mineral memiliki pH 6.5-85
  2. Air demineral adalah air yang tidak mengandung mineral, diperoleh melalui proses pemurnian seperti destilasi, deionisasi, reverse osmosis atau proses lainnya. air demineral memiliki pH 5.0-7.5
  3. Air beroksigen adalah air (mineral atau demineral) yang diberi tambahan oksigen dalam jumlah tertentu sesuai dengan kebutuhan. air oksigen memiliki pH 6.5-8.5 (mineral) dan 5.0-7.5 (demineral)
  4. Air alkali adalah air yang diberi tambahan garam atau elektrolisis dengan jumlah tertentu sesuai dengan kebutuhan. air alkali memiliki pH 8.5-9.97

 

Kelebihan air minum dalam kemasan

Air minum dalam bentuk kemasan tentunya dapat memberikan beberapa kelebihan bagi para penggunanya. Sebagai berikut:

1. Lebih Praktis

Tersedia dalam bentuk botolan sehingga bisa dibawa ke mana-mana. hampir tersedia di semua toko, jadi sangat mudah Anda dapatkan.

2. Kualitas Terjamin

Proses pembuatan AMDK dinilai aman karena sudah tersertifikasi oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sebelum dijual di pasaran.

3. Tahu Kegunaan dan Manfaatnya

Selain dari praktis dan kualitas airnya yang terjamin, kelebihan dari mengkonsumsi air minum dalam bentuk kemasan juga dinilai dapat membantu konsumennya dalam memilih air minum sesuai kegunaan dan manfaatnya.

Apakah anda sedang membutuhkan air mineral, atau anda sedang membutuhkan air demineral. Anda sedang membutuhkan air beroksigen, atau anda sedang membutuhkan air alkali. Dengan mengetahui kegunaannya, anda pun akan mendapat manfaatnya untuk tubuh anda.

 

Cara Memilih Air minum dalam kemasan yang sehat dan aman konsumsi

Agar anda bisa mendapat manfaat dari keunggulan mengkonsumsi air minum dalam bentuk kemasan, tentu anda harus mengetahui cara yang tepat dalam memilij air kemasan yang sehat dana man untuk di konsumsi.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam memilih air minum kemasan yang sehat dan aman untuk di konsumsi:

  1. Perhatikan informasi terkait sumber airnya
  2. Cek apakah sesuai standar yang ditentukan pemerintah
  3. Perhatikan kondisi kemasannya
  4. Perhatikan warna, rasa, dan bau airnya
  5. Cek masa kedaluwarsa
  6. Harus terdaftar di Departemen Kesehatan (berlabel Standar Nasional Indonesia)
  7. Kocok terlebih dahulu kemudian arahkan pada cahaya lampu atau matahari. Jika terdapat serat berwarna putih yang seperti kapas tidak dianjurkan untuk membelinya. Serat putih pada air menandakan kualitas air sudah berkurang.
  8. Perhatikan lingkungan penyimpanan karena lingkungan yang tidak bersih juga dapat mencemarkan air minum dalam bentuk kemasan.

Nah, jika anda tertarik untuk memulai bisnis dengan mendirikan pabrik air minum dalam bentuk kemasan, maka produk anda harus memenuhi 8 poin tadi agar produk anda dipercaya oleh calon konsumen anda.

Berbicara mengenai Industri air minum dalam bentuk kemasan atau AMDK saat ini memiliki prospek yang cerah dan peluang yang menjanjikan karena bisnis ini adalah salah satu industri yang sedang berkembang pesat di Indonesia.

Selain karena air merupakan kebutuhan primer setiap orang jumlah penduduk yang terus bertambah juga membuat pasar industri AMDK semakin besar, belum lagi jika mengingat sulitnya mendapat sumber air bersih yang layak konsumsi di daerah padat penduduk seperti perkotaan.

Menyasar pangsa pasar di perkotaan akan menjadi peluang yang bagus untuk anda. Karena kebiasaan masyarakat saat ini sudah tidak lagi mengolah air minumnya sendiri dengan memasak air hingga mendidih.

Masyarakat kini lebih memilih membeli air minum dalam bentuk kemasan, selain karena tidak ada waktu untuk mengolah sendiri air untuk konsumsi, kesadaran masyarakat akan kebutuhan air minum yang terjamin kualitasnya menjadikan produk air minum dalam bentuk kemasan laris dipasaran.

 

Hal yang perlu diperhatikan dalam membangun pabrik air minum dalam bentuk kemasan

jika anda tergiur ingin terjun kedalam bisnis ini, maka anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut, agar tidak salah melangkah.

  1. Sumber air sebagai bahan baku Air minum dalam bentuk kemasan yang nantinya akan anda gunakan untuk produk minuman merk anda.
  2. Lokasi pabrik dan perusahaan air minum dalam bentuk kemasan yang anda dirikan, sebisa mungkin jarak pabrik dan perusahaan anda berdekatan agar mudah dalam menjaga dan memantau kualitas sumber air yang ada. Begitu pula dengan biaya transportasi yang perlu dipertimbangkan agar biaya yang dikeluarkan se minimal mungkin, dengan begitu, harga jual produk anda bisa bersaing dengan produk lainnya
  3. Riset pasar, permintaan kebutuhan pasar bagi perusahaan air minum dalam bentuk kemasan yang akan anda dirikan, dengan melakukan riset pasar, anda bisa menentukan produk apa yang akan buat sesuai dengan pangsa pasar yang akan anda tuju, apakah kelas bawah, kelas menengah, atau kelas tinggi.
  4. Strategi marketing, seperti bisnis lainnya, anda perlu menyiapkan strategi marketing agar produk yang anda buat mampu terjual dan menghasilkan keuntungan yang maksimal.
  5. Pabrik dan perusahaan air minum dalam kemasan memenuhi syarat dan izin sehingga perusahaan dan pabrik anda legal secara hukum dan bisa beroperasi dengan lancar tanpa hambatan apapun.

Syarat dan izin membangun usaha air minum kemasan ini diantaranya ada: SIUP (surat izin perdagangan perusahaan), TDP (tanda daftar perusahaan), NPWP (nomor pokok wajib pajak), Akta perusahaan, serta sertifikat izin distribusi yang terdiri dari BPOM, SNI, SIPA, HO, IUI, TDI, dan lain sebagainya.

  1. Bahan yang Aman Digunakan untuk Botol Kemasan, mengingat industry ini sangat erat kaitannya dengan penggunaan plastic sebagai kemasan untuk setiap produk yang dipasarkan, baik kemasan gelas, botol, maupun gallon.

Bahan yang aman digunakan untuk botol air minum kemasan adalah plastik polyethylene terephthalate (PET). Zat kimia dalam plastik jenis ini telah diuji dan terbukti tidak larut atau bercampur dengan air minum dalam bentuk kemasan.

Selain itu, plastik PET juga bisa didaur ulang sehingga lebih ramah lingkungan. Mengingat pencemaran lingkungan akibat timbunan limbah plastik bisa berdampak pada kesehatan seluruh makhluk hidup secara tidak langsung karena dapat menyebabkan polusi udara dan pemanasan global.

Nah, itulah beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum memulai bisnis pabrik air minum dalam kemasan