Cincin Tunangan Emas Putih

Kenali Cincin Tunangan Emas Putih

Ketika berbicara tentang cincin pertunangan, tentu Anda berpikir emas kuning. Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa cincin tunangan emas putih saat ini sedang digemari banyak orang. Cincin emas putih terbuat dari campuran perak atau platinum dan emas.

Cincin Emas Putih

Kadar emas dalam cincin emas putih sebesar 75%, sedangkan kadar perak atau platinum ialah sebesar 25%. Pada umumnya cincin emas putih dilapisi dengan logam yang warnanya putih, misalnya logam rhodium. Hal tersebut bertujuan agar warna putih pada cincin semakin berkilau dan cantik.

Logam rhodium yang digunakan sebagai lapisan memiliki sifat yang mirip dengan logam platinum. Jika emas putih tidak dilapisi dengan yodium maka akan terlihat kusam penampilannya. Selain itu, emas putih harus dipoles lagi setiap 12 hingga 19 bulan sehingga warnanya tidak pudar.

Pada zaman dahulu pembuatan emas putih adalah dengan mencampurkan emas murni dengan nikel. Akan tetapi, logam nikel dapat menyebabkan alergi pada kulit. Oleh sebab itu, pencampuran emas putih diganti dengan platinum atau perak.

Kandungan emas murni yang ada dalam cincin emas putih biasanya sebesar 18 karat, 16 karat, dan lain sebagainya.

Kelebihan Cincin Emas Putih

Salah satu ciri yang menonjol pada emas putih adalah warnanya yang sangat mengkilap dibandingkan dengan emas berwarna kuning. Selain itu, cincin emas putih mempunyai kekuatan dan kepadatan yang tinggi dibandingkan dengan emas kuning.

Cincin emas putih sangat cocok dijadikan sebagai cincin pertunangan. Hal ini dikarenakan cincin tunangan emas putih cocok digunakan oleh seluruh lapisan usia serta banyak dijual di toko perhiasan. Cincin berbahan dasar emas putih juga mempunyai tampilan yang lebih modern.

Beberapa Keunggulan Cincin Tunangan Emas Putih

1. Harga Terjangkau

Sebenarnya harga cincin emas kuning dengan cincin emas putih tidak jauh berbeda. Akan tetapi, cincin emas kuning cenderung mempunyai harga jual yang lebih tinggi daripada emas putih.

Bagi Anda yang ingin menggunakan cincin emas putih sebagai pertunangan, maka harus memperhatikan model serta faktor popularitasnya. Perhiasan yang popularitasnya tinggi akan menyebabkan harga belinya juga semakin tinggi.

Apabila popularitas cincin emas putih semakin tinggi, maka harga belinya pun akan meningkat. Selain itu, model dan desain cincin juga akan mempengaruhi harga. Desain yang semakin eksklusif dan model yang semakin kompleks akan membuat harga cincin semakin mahal.

2. Tidak Terlalu Mencolok

Pada umumnya pertunangan dilakukan pada saat usia masih muda. Perhiasan dengan warna yang tidak terlalu mencolok akan sangat cocok dengan anak muda. Warna putih pada cincin emas putih memberikan kesan yang netral.

Selain itu, cincin emas putih lebih cocok jika digabungkan dengan berbagai jenis permata. Bahkan hal tersebut akan menambah keindahan cincin pertunangan.

3. Tahan Lama

Cincin emas putih di dalamnya mengandung platinum, perak, dan rhodium yang merupakan logam kuat. Oleh karena itu, emas putih mempunyai karakter yang lebih kuat dibandingkan dengan emas kuning.

Kandungan yang ada dalam emas putih memiliki ketahanan yang tinggi terhadap korosif. Hal ini dikarenakan partikel dalam emas putih sangat kuat dan rapat. Cincin emas putih yang paling bagus ialah yang dicampur dengan palladium.

Logam palladium mempunyai sifat yang lentur dan mudah dibentuk. Selain itu, di dalam logam palladium terdapat kandungan anti alergi sehingga cocok bagi pasangan yang alergi terhadap logam.

4. Tidak Mudah Tergores

Cincin emas putih terkenal dengan sifatnya yang tidak mudah tergores. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi seseorang yang menginginkan barangnya awet. Warna yang dihasilkan oleh cincin emas putih juga sangat elegan dan lebih halus.

5. Nilai Jual Tinggi

Cincin emas putih dapat dijadikan sebagai investasi pada jangka waktu yang lama. Dibandingkan dengan emas kuning biasa, cincin emas putih mempunyai nilai tukar atau nilai jual yang lebih tinggi. Sebenarnya tidak ada perbedaan harga yang pasti pada emas putih maupun emas kuning.

Hal tersebut dikarenakan emas putih sama saja dengan logam emas pada umumnya. Perbedaan emas putih dengan emas kuning hanya terletak pada campurannya saja, sehingga menghasilkan warna yang berbeda.

6. Cocok Dijadikan sebagai Warisan

Cincin emas putih tidak hanya sekedar bisa dijadikan sebagai investasi jangka panjang saja. Akan tetapi, cincin emas putih sangat cocok untuk Anda wariskan ke anak cucu. Jika dijadikan sebagai warisan, maka tetap saja hal ini merupakan investasi.

Harapannya di masa depan harga jual emas putih akan semakin tinggi sehingga mendapat keuntungan besar.

Tips Memilih Cincin Tunangan Emas Putih

Cincin tunangan merupakan hal yang penting, sehingga harus berhati-hati dan cermat dalam memilih. Setiap pasangan yang ingin memulai hidup baru tentu menginginkan yang terbaik. Berikut beberapa tips yang dapat Anda pertimbangkan ketika memilih cincin pertunangan:

1. Menentukan Anggaran

Hal pertama yang harus Anda pikirkan adalah berapa budget yang Anda miliki untuk membeli cincin pertunangan. Dengan menentukan anggaran Anda akan lebih mudah dalam memilih cincin, karena hanya akan terfokus pada cincin yang harganya sesuai.

Selain itu, Anda juga harus menyesuaikan dan mempertimbangkan dengan kebutuhan lainnya. Pasalnya acara pertunangan tidak hanya sekedar mengeluarkan biaya untuk membeli cincin saja.

Buatlah perhitungan terlebih dahulu mengenai biaya yang harus Anda keluarkan dalam mengadakan acara pertunangan.

2. Menentukan Desain dan Model

Setiap orang memiliki selera masing-masing dan tentunya berbeda. Oleh karena itu, sebelum membeli cincin pertunangan, diskusikan tentang desain dan model cincin dengan pasangan Anda. Pada umumnya cincin yang digunakan untuk pertunangan adalah desain bermata satu atau solitaire.

Jika tidak cocok dengan model yang sudah disediakan, dalam memesan cincin pertunangan Anda juga bisa membuat desain dan model sendiri.

3. Menentukan Ukuran

Menentukan ukuran cincin yang akan dibeli menjadi hal yang sangat penting. Cincin akan sia-sia apabila ukurannya tidak cocok dengan jari tangan pasangan Anda. Harapannya cincin tunangan dapat digunakan dengan setiap harinya.

Jangan coba-coba untuk memperkirakan ukuran cincin pasangan Anda. Resiko ketidakcocokan akan sangat tinggi jika Anda hanya memperkirakannya. Sebaiknya gunakan data yang pasti mengenai ukuran cincin sebelum membelinya.

4. Pilihlah Cincin Bersama dengan Pasangan

Menjadikan cincin tunangan sebagai kejutan untuk pasangan memang merupakan hal yang romantis. Akan tetapi, hal tersebut tentunya akan beresiko apabila pasangan Anda tidak menyukai cincin pilihan Anda.

Pertimbangkan untuk mengajak pasangan Anda ketika memilih cincin pertunangan. Hal tersebut merupakan langkah yang aman agar rencana pertunangan Anda berjalan lancar. Dengan mengajak pasangan Anda, maka cincin yang akan dibeli bisa dicoba terlebih dahulu ukurannya.

Desain cincin yang sesuai dengan selera akan membuat pasangan Anda lebih nyaman untuk mengenakan sehari-hari.

Cincin tunangan emas putih dapat Anda temukan dengan mudah di toko perhiasan. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, Anda bisa membelinya di Kotagede Jewellery yang telah terjamin kualitasnya.